Jumat, 10 Agustus 2012

Permukaan Mars sangat Mirip dengan Bumi



Gambar yang dikirim robot penjelajah Curiosity dari Mars telah mengungkapkan bahwa kawah tempat mendarat terlihat sangat mirip dengan Bumi.

"Kesan pertama yang Anda dapatkan adalah kawah yang terlihat dalam lanskap sangat mirip dengan Bumi," kata ilmuwan John Grotzinger dari Institut Teknologi California, Amerika Serikat.

Sejauh ini, Curiosity telah menunjukkan pemandangan terbaik dari targetnya sejak mendarat Ahad (5/8) malam lalu.

Pada foto-foto terbarunya, Curiosity memperlihatkan arah Utara cakrawala Mars. Saat menjelajah dengan jarak dekat ia memperlihatkan permukaan Mars yang berdebu hancur oleh pendorongnya. 

Ada kekhawatiran bahwa Curiosity terkontaminasi berdebu, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa itu tidak terjadi. "Kami melihat lapisan tipis debu, tapi tidak terlalu buruk," kata Justin Maki, ilmuwan di NASA Jet Propulsion Laboratory, yang mengelola misi senilai USD2,5 miliar itu.

Namun, para ilmuwan masih merasa dipusingkan terkait batuan dasar yang ditendang Curiosity. Pasalnya, jika informasi itu dapat diungkap, para ilmuwan akan lebih memahami lokasi pendaratannya.

Sejak mendarat, Curiosity telah mengirim satu set gambar resolusi rendah yang diambil oleh kamera kecil di bawah chassis dan kamera di ujung lengan robot. Kamera ini juga mengirimkan beberapa potong video berkualitas rendah 2,5 menit sejak mendarat.

Curiosity juga berhasil mengirim foto resolusi tinggi diambil menggunakan kamera navigasi (Navcam) yang disimpan pada satu alat seperti pemancar. Kombinasi alat tersebut mampu mengambil lanskap 360 derajat berwarna.

Grotzinger merasa dikejutkan dengan gambar pemandangan Mars yang muncul beragam. Tampaknya ada material lebih keras di bawah permukaan kerikil.

"Ini semacam membuat Anda merasa di rumah," katanya. "Kami sedang melihat sebuah tempat yang terasa benar-benar nyaman."

Mars, tentu saja, sangat berbeda dari Bumi. Ini adalah gurun dingin yang dibombardir oleh radiasi. Ada sejumlah tanda geologis yang menunjukkan Mars adalah tempat yang lebih hangat dan basah sekali waktu. Salah satu tujuan misi Curiosity ini adalah untuk mengetahui bagaimana 'Planet Merah' itu berubah.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons