Kamis, 19 Juli 2012

Tentukan Awal Puasa Kemenag Undang Ormas Islam dan Ahli Astronomi

HeadlineSekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Bahrul Hayat, mempersilakan umat Islam untuk meyakini keyakinannya masing-masing berkenaan dengan penentuan awal puasa bulan Ramadhan 1433 Hijriyah tahun 2012 ini.


"Bagi masyarakat yang meyakini untuk hari tertentu itu terserah," terangnya usai mengikuti rapat koordinasi mengenai hari libur nasional dan cuti bersama 2013 di Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Kamis (19/7/2012).

Pemerintah melalui Kemenag, kata dia, baru akan menentukan awal puasa bulan Ramadhan 1433 H hari ini melalui sidang isbat. Yakni dengan mengundang seluruh organisasi Islam, lembaga-lembaga terkait, termasuk dari lembaga yang menangani ilmu perhitungan (astronomi).

Diundangnya ormas-ormas Islam ini untuk diminta masukan sekaligus bersama-sama menentukan awal puasa yang terbaik bagi umat Islam. "Kita juga hargai keputusan masing-masing pihak. Pemerintah juga ingin dengar dari pandangan ormas Islam. Nanti kita tentukan yang terbaik," ucapnya.

Secara khusus pihaknya meminta semua pihak untuk menghargai adanya perbedaan pendapat. Yang penting, lanjut Bahrul Hayat, perbedaan yang ada tidak dijadikan sebagai hal yang dapat mengganggu keutuhan dan persatuan umat Islam.

"Mohon semua pihak untuk menghormati. Sekali lagi jangan dijadikan sebagai isu perpecahan dan perselisihan. Dengan posisi saling menghormati maka akan baik," ujarnya.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons