Kamis, 19 Juli 2012

Galaksi Spiral Tertua Ditemukan




Astronom berhasil menemukan galaksi spiral tertua yang berasal dari masa 11 miliar tahun yang lalu. Penemuan ini membuat para astronom harus memikirkan lagi bagaimana galaksi terbentuk.

Galaksi yang ditemukan diberi nama BX442. Galaksi tersebut ditemukan lewat survei pada 300 galaksi yang dilakukan dengan Hubble Space Telescope dan Observatorium Keck di wilayah Hawaii.

"Tiba-tiba saja BX442 dan bagian spiral galaksinya muncul pada gambar. Kami tak bisa mempercayainya," ungkap Alice Shapley, peneliti dari University of California di Los Angeles.

"Kami tak mengharapkan akan menemukan pola yang begitu cantik, karena galaksi yang terbentuk pada awal alam semesta kelihatan ireguler dan kasar," tambah Shapley seperti dikutip AFP, Rabu (18/7/2012). 

BX442 berjarak 10,7 miliar tahun cahaya dari Bumi, terbentuk 3 miliar tahun setelah Big Bang. Galaksi ini memiliki lengan spiral yang menjulur keluar dari bagian inti galaksi, membentuk huruf S seperti halnya galaksi Bimasakti.

Bagi galaksi yang terbentuk pada masa itu, BX442 terlalu teratur dan cantik. Kondisi saat itu terlalu panas untuk memungkinkan terbentuknya galaksi spiral. Karenan awal alam semestaya, halaksi ini bisa dikatakan langka.

"Penemuan BX442 memberitahukan pada kita bahwa spiral galaksi bisa terbentuk di masa awal alam semesta, yang belum kita ketahui sekarang," ungkap Shapley yang memublikasikan risetnya di jurnal Nature.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons