Jumat, 29 Juni 2012

Pelangi Ganda Terlihat tertangkap Satelit NASA

Melihat pelangi, meski kini sudah jarang terjadi perkotaan, mungkin sudah sangat biasa. Tapi, bagaimana dengan dua pelangi sekaligus yang dilihat dari luar angkasa? Kiranya inilah namanya keindahan.

Wahana antariksa milik Badan Antariksa Amerika Serikat NASA, Aqua Satellite, berhasil mengambil citra pelangi ganda di atas wilayah Samudera Pasifik, tepatnya di dekat Pulau Guadalupe. Wahana antariksa itu mengambil pada 20 Juni 2012 lalu.

Dalam citra yang diambil, tampak dua garis semburat warna pelangi. Di dekatnya, terdapat awan von Karman cortex, jenis awan berbentuk spiral yang terbentuk karena adanya fluida yang mengalir. Terdapat pula awan stratocumulus.

Seperti diberitakan New Scientist, Rabu (27/6/2012), pelangi terbentuk karena awan stratocumulus merefleksikan energi Matahari. Awan mendifraksi cahaya Matahari ke satelit yang kemudian memisahkan cahaya ke masing-masing warna. Maka, terbentuklah pelangi tersebut.

Di luar soal pelangi ini, awan stratocumulus menarik perhatian para ilmuwan. Dipercaya bahwa dengan meningkatkan kemampuan awan jenis memantulkan energi, ilmuwan mampu mengembangkan rekayasa untuk mengatasi perubahan iklim.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons