Jumat, 08 Juni 2012

Obyek Paling Redup di Semesta

Astronom menemukan obyek semesta yang paling redup berupa sebuah galaksi. Jarak galaksi tersebut adalah 13 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi yang ditemukan, selain redup, juga hanya berukuran kecil, termasuk sebagai salah satu dari 10 obyek terjauh di semesta. Umur galaksi hanya 800 juta tahun lebih muda dari Big Bang. 

"Citra ini seperti gambar bayi galaksi ini, diambil saat semesta baru 5 persen dari usianya saat ini," kata James Rhoads, astronom dari Arizona State University.

"Mempelajari galaksi ini sangat penting sebab bisa membantu kita memahami bagaimana galaksi terbentuk dan tumbuh," tambah Rhoads seperti dikutip Space, Rabu (6/6/2012).

Citra galaksi ini ditangkap dengan instrumen IMACS pada Magellan Telescopes di Carnegie Institution Las Campanas Observatory di Chile. Filter yang digunakan hanya memperbolehkan cahaya dengan rentang gelombang inframerah masuk.

Galaksi redup ini disebut LAEJ095950.99+021219.1, tergolong geseran merah 7. Geseran merah menyatakan cahaya yang bergeser ke rentang merah dalam spektrum gelombang elektromagnetik.

Saat ini, obyek yang punya geseran merah 7 hanya 1 persen. Astronom hendak menyelidiki lebih lanjut tentang keberadaan obyek-obyek tersebut. Studi ini dipublikasikan di jurnal Astrophysical Journal Letters, 1 Juni 2012 lalu.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons