Jumat, 22 Juni 2012

Benda Jatuh di Balaraja Bukan Meteorit

Benda misterius yang jatuh di Balaraja, Tangerang, semula diduga meteorit. Benda tersebut menyebabkan tanah ambles dan menimpa sepeda motor. 

Namun, observasi yang dilakukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di lokasi menunjukkan, benda jatuh itu sama sekali bukan obyek antariksa.

"Ini bukan meteorit ataupun sampah antariksa," kata Clara Yono Yatini, staf Lapan yang mengunjungi lokasi jatuhnya benda tersebut.

Clara menguraikan, ada beberapa hasil observasi yang membuat Lapan berkeseimpulan benda tersebut bukan meteorit.

"Benda ini bentuknya teratur, seperti kotak, cetakan. Jadi, kami yakin ini bukan meteorit. Kalau meteorit, pasti bentuknya tidak teratur seperti yang dijumpai," ungkap Clara sat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/6/2012).

"Lalu juga tidak ada bekas pemanasan atau lelehan. Kalau meteorit pasti panas dan terbakar. Walaupun ini menimpa motor, ternyata motornya juga tidak terbakar," ujarnya. 

Salah satu ciri meteorit adalah ada bekas pemanasan serta bagian yang meleleh atau mengelupas karena efek pemanasan di atmosfer Bumi.

Benda ini juga bukan sampah antariksa karena pada hari ini tidak terdeteksi sampah antariksa yang jatuh ke Bumi dan tidak ada radiasi di sekitar lokasi.

"Hasil observasi dari Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir), tidak ada radiasi di sekitar lokasi," kata Clara. 

Menurut dia, benda tersebut hanya serupa besi. Saat tim Lapan tiba di lokasi, kondisi lokasi sudah tak seperti semula. Warga sudah berdatangan dan motor yang tertimpa sudah diangkat.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons